Snapdragon Bakal Ngebut di Nokia

Snapdragon Bakal Ngebut di Nokia


HELSINKI - Nama Snapdragon besutan Qualcomm terbukti mampu menjadi chip yang tangguh beberapa merek ponsel cerdas global, sebut saja HTC, Samsung dan LG. Melihat kesuksesan tersebut, Nokia dikabarkan berencana untuk menggandeng Qualcomm.

Dijelaskan CEO Qualcomm Paul Jacobs mungkin akhir tahun ini handset Nokia akan disematkan dengan prosesor Snapdragon yang akan berjalan di sistem operasi Symbian. Pernyataan Jacobs tentunya menjadi sebuah kabar gembira, pasalny beberapa waktu lalu Nokia dan Qualcomm saling serang terkait masalah hak paten wireless.

Dilansir melalui Inside Mobile, Jumat (19/2/2010), jika betul Nokia bersedia memasukkan Snapdragon di perangkat genggamnya, tentu akan berdampak bagus buat handset Nokia sendiri, karena selama ini kemampuan prosesor yang dibenamkan Nokia masih kurang maksimal. Lihat saja di ponsel Nokia seri N97 dan N900 yang menimbulkan jurang pemisah diantara merek lainnya.

Kedua ponsel cerdas vendor asal Finlandia itu masih menggunakan prosesor ARM Crotex-A8, yang jika diukur dari segi kemampuan hanya setengah dari kekuataan Snapdragon. Karena prosesor Snapdragon mampu berjalan hingga 1Ghz, bahkan akhir tahun lalu Qualcomm baru saja merilis prosesor dengan kemampuan 1.3Ghz dan 1,5Ghz, dengan model dual core.

Tentunya menjadi sebuah kekuataan yang menakutkan jika antara Qualcomm dan Nokia berkolaborasi. Sebab, Nokia yang terkenal dengan inovasi teknologi terbaru, akan didorong kemampuannya dengan chip Snapdargon yang sudah terbukti mampu memaksimalkan wifi, GPS, Bluetooth, dan yang paling terpenting jaringan GSM/GPRS/UMTS dan HSPA.

Tidak ada komentar: